Monday 7 September 2015

Pentingnya Makan Buah Pisang

Pisang adalah jenis tumbuhan yang banyak ditemukan di indonesia. Kita dapat menemukan pisang hampir diseluruh pualau di Indonesia. Hampir semua bagian dari pisang dapat dikonsumsi, selain buahnya kita juga pasti sudah mengenal jantung pisang, yang biasa dijadikan masakan, bahkan di daerah papua batang pisang juga bisa diolah jadi makanan. Tak lupa juga daun pisang sering dijadikan pengemas makanan tradisional.

Sobat Mang Obet Seperti aneka buah-buahan lainnya, buah pisang juga memiliki khasiat atau manfaat saat di konsumsi. Banyak di antara kita yang mempercayai bahwa buah ini memiliki berbagai khasiat tersembunyi didalamnya. Maka dari itulah, untuk memperjelas berbagai khasiat buah pisang, tips kesehatan akan mengungkapkan berbagai khasiat buah yang satu ini.

Dan mulai dari sekarang dianjurkan untuk memakan buah pisang karena sungguh sangat besar manfat yang diberikan buah pisang ini.

Beruntunglah bagi orang yang gemar mengkonsumsi buah pisang, karena di dalamnya terkandung begitu banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh. Mari kita simak ulasan Mang Obet mengenai pentingnya makan buah pisang.

1.       Sebagai sumber energy

Kandungan karbohidrat yang terkandung dalam pisang dapat menjadi sumber energi untuk tubuh. Mengkonsumsi 2 buah pisang sehari, dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan menambah energi untuk melakukan aktivtas sehari-hari. Dan buah pisang ini sangat cocok di konsumsi sebagai makanan camilan untuk anda yang sedang melakukan program latihan pembentukan otot.

2.       Menyeimbangkan cairan dalam tubuh

Tubuh membutuhkan jumlah cairan yang cukup untuk menunjang semua kinerja organ dalam tubuh. Oleh karena itulah, kandungan kalium pada pisang sangat penting untuk membantu menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh tersebut.

3.       Mengandung banyak vitamin

Pisang mengandung vitamin B 1, B 6, B 12, karena itu ia berguna dalam pengobatan peradangan (infeksi) saraf dan kerusakan saraf, seperti dalam disk (gangguan pada saraf lumbar dan sakral) dan cerebral Bell (gangguan pada saraf wajah). Dan yang perlu diketahui bahwa kekurangan vitamin vitamin B 1, B 6, B 12 menyebabkan peradangan saraf yang berbeda dari yang lain, dan kekurangan vitamin B 12 menyebabkan anemia, di samping radang saraf.

4.       Mencegah hilangnya kalsium

Sama seperti manfaat dari FOS, ketika bakteri dalam usus besar semakin bertambah, berarti penyerapan makanan juga akan meningkat. Hal tersebut menyebabkan kalsium menjadi lebih banyak diserap, dan yang dibuang melalui feses cukup sedikit. Kalium juga dapat meningkatkan retensi kalsium dalam tubuh sehingga anda akan dapat terhindar dari osteoporosis bila rutin mengkonsumsi kalsium dan pisang.

5.       Membantu program diet

Meskipun Pisang mengandung kalori yang tinggi, dan gula sederhana yang diserap tubuh, tetapi adanya serat yang tinggi membuat tubuh menjadi lama kenyang. Adanya serat dan pektin akan banyak menyerap air dan membuat usus menjadi lebih penuh. Akibatnya tubuh akan menjadi kenyang lebih lama. Dengan mengkonsumsi pisang sebelum makan, maka perut akan terasa lebih penuh dan jumlah makanan yang dimakan akan menjadi lebih sedikit.

6.       Mengatasi diabetes

Bagi untuk penderita diabetes, dengan mengkonsumsi pisang khas daerah Gorontalo yaitu goroho yang dikukus dan dicampur dengan kelapa parut muda yang dapat digunakan sebagai makanan tambahan untuk penderita diabetes.

7.       Melancarkan system pencernaan

Mengkonsumsi buah pisang dengan rutin dapat membantu sistem kinerja pencernaan untuk dapat lebih baik lagi. Sehingga pada akhirnya berbagai nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dapat diserap dan digunakan tubuh secara optimal.

8.       Mengobati sembelit

Pisang dapat digunakan sebagai obat sembelit yang alami. Buah ini dapat berfungsi untuk membantu memperlancar buang air besar. Dengan mengkonsumsi pisang untuk menghindari mengerasnya feses yang merupakan gejala awal sembelit.

9.       Menghaluskan kulit wajah

Kulit wajah anda terlihat kusam dan terasa kasar? Mungkin masker pisang dan madu ini bisa jadi solusi untuk anda caranya, haluskan buah pisang matang dengan blender, kemudian campur dengan 2 sendok madu. Setelah itu anda bisa mengoleskan masker pisang tersebut pada wajah anda. Diamkan 10-25 menit setelah itu baru kemudian anda cuci bersih wajah anda dengan air dan rasakan bedanya.

10.   Baik untuk ibu hamil

Bagi anda wanita yang sedang hamil, dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang, karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadinya cacat bawaan. Satu buah pisang matang mengandung sekitar 85-100 kalori. Sehingga dengan memakan dua buah pisang segar, kebutuhan asam folat yang sekitar 58 mikrogram dapat terpenuhi dengan makan buah pisang ini. Selain itu pisang akan membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sick, sehingga pisang sangat baik untuk cemilan ibu hamil.


Nahh sobat Mang Obet, itulah sebabnya kita perlu mengonsumsi buah pisang karena banyak sekali bukan manfaat yang kita dapatkan dari buah tersebut. Yuk kita jadikan pisang sebagai dessert dari makanan berat kita. ;)

Bagikan

Jangan lewatkan

Pentingnya Makan Buah Pisang
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Terima kasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar anda