Monday 7 September 2015

10 Manfaat Yang Dahsyat Dari Buah Alpukat

Haii sobat blogger Mang Obet apa kabar hari ini,? Smoga kalian selalu dalam keadaan baik-baik saja yah amin. Oke pagi ini Mang Obet akan kembali mengupas sedikit tentang dahsyatnya manfaat buah alpukat. Kalian tentu sudah tau bukan dengan buah alpukat, yahh buah yang sangat lezat tentunya dan tentunya kalian juga suka bukan. Tetapi ada juga sebagian yang kurang suka dengan buah yang satu  ini, wahh sebaiknya buat kalian yang gak suka dan kurang suka dengan buah alpukat mulai dari sekarang cobalah untuk menjadi suka yahh, soalnya sungguh banyak sekali manfaat yang luar biasa dari buah yang satu ini.

Sedikit kita ulas apa itu buah alpukat, Nama buah alpukat atau apokat pertama kali dikatakan oleh penduduk Suku Aztek yang tinggal di daerah Amerika Tengah dan Meksiko. Tumbuhan ini telah diperkenalkan kepada penduduk Eropa tengah abad ke-16 oleh Martin Fernandez de Enciso, seorang pemimpin pasukan Spanyol saat menjajah Amerika Tengah. Dari situlah Indonesia mengenal alpukat karena pada masa penjajahan Belanda banyak kiriman buah dengan tujuan sebagai pengisi perut.

Nahh sekarang berikut 10 manfaat dahsyat dari buah alpukat :

1.       Mempercepat penerapan nutrisi

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan beberapa tahun lalu terungkap kabar bahwa nutrisi tertentu yang masuk ke tubuh dapat diserap lebih baik, cepat dan jauh lebih efektif bila dimakan berbarengan dengan buah alpukat..
Sebagai pembuktian, dilakukan lagi sebuah riset untuk memastikan kebenaran hal tersebut. Dua orang memakan salad yang salah satunya dimasukkan alpukat sementara satunya lagi tidak, setelah dicek ternyata benar satu orang yang makan salad yang di dalamnya terdapat alpukat membantu penyerapan nutrisi lima kali lebih baik ketimbang yang tidak.

2.       Sumber energi dan vitamin

Alpukat adalah buah yang mengandung vitamin E tertinggi. Vitamin E merupakan vitamin penting, yang membantu untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Vitamin E juga memiliki efek positif pada penyakit jantung, stroke, pencegahan kanker, dan pengembangan katarak, dan banyak diklaim memiliki sifat antipenuaan.

3.       Melindungi kesehatan jantung

Manfaat buah alpukat juga dapat memelihara kesehatan jantung kita. Hal ini dikarenakan buah alpukat mengandung folat yang berperan sebagai pelindung jantung kita agar tetap sehat.

4.       Pencegah stroke

Pencegah Stroke Yang Cukup Efektif. Ini dikarenakan, buah alpukat mengandung vitamin E yang berfungsi menurunkan oksidasi koleterol yang akan menghindarkan seseorang terkena stroke yang mematikan tersebut. 

5.       Menurunkan kolesterol

Sebuah studi telah menemukan penurunan kadar kolesterol sebanyak 17%, pada peserta yang meningkatkan makan alpukat selama satu minggu. Para peneliti mempercayai hal ini disebabkan oleh beta sitosterol,  yang sebelumnya telah ditemukan membantu menurunkan kadar kolesterol.

6.       Menjaga kesehatan mata

Kandungan lutein dalam buah alpukat merupakan kadar lutein terbanyak dibanding buah-buahan lain yang sama-sama memiliki keistimewaan dalam menopang kesehatan manusia.
Lutein adalah bagian dari karotenoid yang secara alami diproduksi di kloroplas dan chromoplasts tanaman. Lutein bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan daya penglihatan manusia. Penelitian juga menunjukkan bahwa tingginya kadar lutein dalam alpukat dapat mengecilkan risiko kelainan pada mata khususnya degenerasi makula dan katarak.

7.       Mengandung lemak sehat

Jangan salah, lemak yang ada di alpukat adalah lemak baik, porsinya mencapai sekitar tiga perempat dari jumlah kalori dari buah alpukat. Artinya lemak memiliki kandungan yang cukup tinggi dalam buah alpukat ini. Kandungan lemaknya adalah lemak tak jenuh tunggal, dalam bentuk asam oleat. Lemak tak jenuh tunggal yang dianggap sebagai lemak baik yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, menurunkan risiko stroke dan jantung disease.

8.       Mengatasi kulit wajah  kering


Daging buah alpukat yang sudah matang dilumatkan sampai seperti bubur. Kemudian, adonan tersebut digunakan untuk masker, dengan cara mengoleskannya pada muka yang kering. Biarkan kurang lebih 2 jam, kemudian bilas wajah dengan air dingin.

9.       Mengandung protein tinggi

Setiap alpukat terdiri dari sekitar 4 gram protein, kandungan ini jauh lebih banyak dibandingan dengan buah lain.sangat cocok untuk menjadi minuman bagi yang sedang menjalankan program pembentukan otot atau fitness.

10.   Dapat mengontrol gula darah

Kandungan lemak tidak jenuh yang terdapat pada buah alpukat tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh saja, akan tetapi juga berfungsi untuk mengembalikan resistensi insulin sehingga nantinya dapat mengontrol gula darah kita. Buah alpukat juga mengandung serat yang mana serat disini mampu mempertahankan tingkat gula darah agar tetap normal.


Nahh itulah ke-10 manfaat dahsyat yang dimiliki oleh buah alpukat. Buat kalian yang gak suka makan buah alpukat sebaiknya di fikirkan lagi yahh hhehe, lihat tuhh begitu banyak manfaat yang di berikan buah alpukat,. hhe

Bagikan

Jangan lewatkan

10 Manfaat Yang Dahsyat Dari Buah Alpukat
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Terima kasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar anda