Tuesday 8 September 2015

Mengintip Gaya Hidup Sehat Orang Jepang

Siapa sih yang nggak tahu negara Jepang? Jepang dikenal dengan negeri Sakura, Samurai dan Matahari terbit. Nmaun kali ini Mang Obet akan berbagi informasi seputar gaya hidup kebiasaan orang Jepang yang perllu kita contoh tentunya.




Gaya hidup sehat yang diterapkan oleh orang Jepang membuat orang Jepang mempunyai badan yang sehat, jarang sakit, dan mempunyai umur panjang atau harapan hidup yang tinggi. Tidak heran jika tingkat kesehatan warga Jepang termasuk yang terbaik di dunia.

Selain itu, Negara Jepang dikenal sebagai negara yang mempunyai pola hidup sehat. Bahkan melalui beberapa penelitian kesehatan, penduduk Jepang memiliki angka harapan hidup yang tinggi. Tingkat obesitas mereka hanya 3,5% dari total penduduk negara Jepang. Tingkat kanker payudara, kanker prostat, dan penyakit jantung pun juga lebih rendah.

Nahh berikut ini 8 gaya hidup sehat orang Jepang yang berhasil Mang Obet himpun di berbagai situs terpercaya :

1.       Selalu Membatasi Makanan Yang Manis

Orang Jepang jarang sekali mengonsumsi makanan manis atau makanan penutup. Mereka lebih memilih untuk mengonsumsi teh hijau atau buah jika ingin mengonsumsi makanan manis. Kebiasaan ini tentu saja sangat berguna untuk membatasi asupan gula di dalam tubuh sehingga dapat terhindar dari penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

2.       Makan Secukupnya, Tidak Menunggu Kenyang

Makan makanan berlebih memang membuat perut kenyang, itulah yang biasa kita orang Indonesia lakukan. Berbeda dengan orang Jepang, mereka mempunyai prinsip “hara hachi bu” yang artinya “makanlah sampai perutmu penuh 8/10 bagian”. Makan dengan perlahan juga akan membuat makanan lebih mudah dicerna. Kebiasaan inilah yang membuat orang Jepang langsing dan sehat.

3.       Perbanyak Makan Ikan

Orang Jepang makan ikan sampai 100 gram sehari. Mereka mendapat asupan asam lemak omega 3 yang lebih banyak. Tak heran mereka memiliki kulit yang berkilau dan awet muda. Asam lemak omega 3 juga merupakan lemak yang sehat bagi kesehatan Anda. Orang Jepang makan ikan sampai 100 gram sehari. Mereka mendapat asupan asam lemak omega 3 yang lebih banyak. Tak heran mereka memiliki kulit yang berkilau dan awet muda. Asam lemak omega 3 juga merupakan lemak yang sehat bagi kesehatan Anda.

4.       Mengolah Makanan Secara Sederhana

Di Jepang, kebanyakan orang mengelola makanan dengan sederhana, yakni dengan direbus, dipanggang, atau ditumis sebentar. Dengan cara masak seperti ini, makanan tidak akan melalui proses panjang memasak sehingga kerusakan yang terjadi maupun radikal bebas yang terbentuk dari setiap proses memasak akan menjadi sangat minimal. Dan hal ini membuat kualitas makanan terjaga dengan baik.

5.       Gemar Berjalan Kaki

Ini dia salah satu kebiasaan orang jepang yang masih ada hingga sekarang. Di sana kebanyakan orang berjalan kaki daripada naik kendaraan pribadi. Kalau kita berjalan kaki hanya untuk olahraga atau menuju ke tempat yang jaraknya dekat, orang Jepang bisa menempuh jarak jauh dengan berjalan, bahkan berlari. Itu pun 2-3 kali sehari. Oleh karena itu tubuh mereka lebih bugar.

6.       Menerapkan Pola Hidup Yang Seimbang

Pola hidup yang seimbang menjadi kunci bagi orang Jepang untuk selalu hidup sehat. Mereka memang pekerja keras. Namun mereka mengimbanginya dengan banyak mengonsumsi makanan sehat dan melakukan aktivitas fisik. Mereka juga selalu berusaha menyempatkan waktu untuk beristirahat.

7.       Gemar Makan Sayuran

Pada setiap menu masakan Jepang selalu ada sayuran. Orang Jepang lebih suka mengonsumsi sayuran mentah atau direbus secara sederhana. Sebaliknya orang Jepang kurang menyukai sayuran yang dimasak terlalu lama apalagi sampai kelihatan layu.

8.       Konsumsi Bakteri Dan Tofu

Bakteri ada yang memiliki manfaat positif untuk kesehatan pencernaan. Salah satunya yang paling mudah ditemui adalah bakteri yang terdapat di yogurt dan acar. Tofu juga baik untuk kesehatan karena mengandung isoflavon tinggi yang baik untuk hormon dan terhindar dari penyakit osteoporosis saat wanita memasuki masa menopause. Maka dari itu, orang Jepang sangat menyukai yogurt, acar dan tofu sebagai menu tambahan makan siang.


Nahh itulah ke-8 gaya hidup sehat orang Jepang yang cocok untuk kita contoh. Selamat mencobanya yahh..  ;)

Bagikan

Jangan lewatkan

Mengintip Gaya Hidup Sehat Orang Jepang
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Terima kasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar anda