Sunday 6 September 2015

10 Cara Jitu Hentikan Kebiasaan Merokok

Berapa kali anda berjanji pada diri anda sendiri bahwa anda akan berhenti merokok mulai besok? Jika anda masih membaca artikel ini, kemungkinan besar anda masih menimbang-nimbang untuk berhenti merokok. Biasanya kita membuat janji untuk berhenti merokok ketika kita mulai kehabisan napas saat berjalan menaiki tangga, setiap kali tenggorokan kita sakit, setiap kali kita membandingkan kondisi fisik kita dengan non-perokok kemudian kita menyadari bahwa kita tidak memadai dibanding mereka.


Merokok adalah candu. Para ahli setuju bahwa keputusan untuk berhenti merokok diambil saat perokok benar-benar merasakan keinginan untuk perubahan. Ketika perokok merasa terancam oleh kebiasaan merokok bagi dirinya dan orang lain di sekitarnya dan ketika ia percaya bahwa menjauh dari nikotin akan membawa manfaat yang signifikan baginya, dan juga ketika ia merasa mampu mengatasi perubahan. Sederhananya adalah keputusan ada di pikiran kita dan harus ada yang terlaksana. Setiap upaya dipengaruhi oleh cara dan larangan tertentu, serta jika tidak berasal dari keinginan kita pasti akan gagal

Berhenti merokok harusnya menjadi cita-cita setiap perokok. Mengingat bahaya rokok bagi kesehatan yang tidak bisa di anggap sebelah mata. Seperti yang kita bahas pada pembahasan sebelumnya bahwa rokok meruapakan salah satu penyebab terbesar kematian di dunia. Belum lagi ancaman tersebut bukan hanya pada perokoknya saja akan tetapi berlaku juga bagi orang-orang disekitarnya. Maka sudah sepatutnya fakta tersebut menjadi motivasi seseorang untuk segera berhenti merokok.

Sebenarnya dengan tidak merokok selama 30 menit saja manfaatnya akan langsung terasa bagi tubuh, ditandai dengan denyut nadi dan tekanan darah yang kembali normal.
Lalu setelah tiga hari, nikotin tidak terdeteksi lagi dalam darah, indra penciuman kembali normal, hingga pernafasan yang lebih lega. 

Dalam waktu 2 hingga 12 minggu sirkulasi di berbagai bagian tubuh akan berangsur membaik, yang kemudian tubuh akan terasa lebih fit dan bugar. Dan setelah 2 tahun, tanda-tanda merokok akan hilang, paru-paru akan bersih dari zat-zat berbahaya yang ditinggalkan oleh rokok dan tubuh akan kembali sehat.
Jika kamu memang niat untuk menghentikan kebiasaan merokok tapi belum juga berhasil, cobalah tips ampuh cara berhenti merokok berikut ini :


1.Bulatkan Niat dan Tekad

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah bulatkan niat maupun tekad anda. Niat untuk berhenti merokok harus datang dari diri sendiri. Untuk membulatkan niat Anda coba berfikir berapa uang yang sudah dihabiskan untuk membeli rokok Anda setiap harinya. Coba bayangkan kalau uang itu sekarang ini ada ditangan Anda, pasti Anda sekarang sudah menjadi sangat kaya raya. Putuskan segera untuk berhenti dari sekarang jangan menunggu sampai Anda sakit parah.
2.Buat Perjanjian Dengan Orang Terdekat
Tips berhenti merokok yang ketiga buatlah perjanjian dengan orang terdekat Anda. Misalnya buat perjanjian tidak akan pernah merokok lagi, jika ketahuan merokok Anda harus membayar denda. Misalnya saja untuk sebatang rokok Anda harus membayar denda 20 ribu. Hal ini tentunya sedikit demi sedikit akan membantu Anda dalam berhenti merokok.
3.Kunjungi Tempat Bebas Asap Rokok

Agar cepat berhenti merokok, sebaiknya Anda sering mengunjungi tempat bebas asap rokok, misalnya saja tempat-tempat yang berAC. Dengan begitu, Anda dengan sendirinya akan berhenti merokok.

4. Hindari kebiasaan yang membuat anda merokok

Hindari alasan utama yang menyebabkan keinginan anda untuk merokok seperti kopi, alkohol, acara malam, berdebat dll. Jika anda tidak bisa melawan godaan, cobalah untuk mengkonsumsi produk susu, buah-buahan dan sayuran lebih banyak, seperti telah ditunjukkan dalam survei bahwa makanan tersebut akan memberikan cita rasa yang kurang enak dalam merokok.
Juga hindari kebiasaan yang selalu anda kombinasikan dengan merokok seperti menonton televisi, membaca majalah atau surfing internet.

5. Hindari kebiasaan yang membuat anda merokok

Hindari alasan utama yang menyebabkan keinginan anda untuk merokok seperti kopi, alkohol, acara malam, berdebat dll. Jika anda tidak bisa melawan godaan, cobalah untuk mengkonsumsi produk susu, buah-buahan dan sayuran lebih banyak, seperti telah ditunjukkan dalam survei bahwa makanan tersebut akan memberikan cita rasa yang kurang enak dalam merokok.
Juga hindari kebiasaan yang selalu anda kombinasikan dengan merokok seperti menonton televisi, membaca majalah atau surfing internet.

6. Minum lebih banyak air

Cobalah untuk minum lebih banyak air. Air membantu dalam menghilangkan racun dari merokok yang telah terakumulasi dalam tubuh anda lebih cepat, sekaligus mengurangi keinginan anda untuk merokok.

7. Hindari godaan merokok setelah makan

Kebanyakan perokok cenderung untuk merokok segera setelah makan. Berdiri segera dari meja anda setelah makan untuk sikat gigi atau berjalan-jalan. Cobalah untuk tidak masuk ke dalam godaan merokok.

8. Coba gunakan pengganti nikotin

Jika anda merasa bahwa kurangnya nikotin menciptakan gangguan, atau jika dalam beberapa hari pertama anda tidak berhasil berhenti merokok, cobalah gunakan pengganti nikotin, seperti permen karet nikotin. Ini akan membantu anda untuk menyingkirkan kebiasaan mencari rokok dan pada akhirnya akan membantu anda untuk berhenti merokok.

9. Perhatikan diet anda

Pertimbangkan konsultasi pada ahli gizi dan mengikuti program gizi untuk beberapa bulan pertama, mengingat mayoritas perokok mendapatkan tubuh mereka naik beberapa kg karena mereka cenderung makan/mengemil lebih banyak sebagai tindakan pengganti untuk tidak merokok.

10.Istirahat yang Cukup
Agar sukses berhenti merokok maka perbanyaklah istirahat. Ketika akan merokok pilihlah untuk segera tidur saja. Dengan begitu Anda akan berhenti merokok dengan sendirinya.
Mungkin beberapa tips berhenti merokok diatas sedikit terdengar gila tapi sangat ampuh untuk menghentikan aktivitas merokok Anda. Selain cara berhenti merokok diatas, Anda juga perlu untuk membaca tulisan mengenai bahaya merokok. Banyak orang yang sudah mengetahuinya tapi tetap saja kebal dengan asap rokok. Caranya adalah cari tahu mengenai bahaya merokok kemudian cari gambar akibat merokok. Cetak dengan ukuran yang besar dan tempel di kamar ataupun tempat yang strategis. Selalu ingat gambar dari akibat merokok tersebut. Secara perlahan Anda pasti akan bisa berhenti merokok.

Jika ke-10 tips diatas belum juga berhasil untuk menghentikan kebiasaan merokokmu, mungkin kamu dapat mencoba untuk me-"reset" kembali pikiranmu tentang rokok. Memberikan sugesti pada pikiran bawah sadarmu mungkin dapat membantumu untuk meredam keinginan merokok. 
Coba ingatkan dan terus katakan dengan sungguh-sungguh dalam hati "saya sudah berhenti merokok".

Hal ini akan membantumu untuk mengingat usahamu untuk berhenti merokok sekaligus memberikan sugesti pada pikiran bawah sadarmu bahwa kamu tidak lagi merokok.  
Berikan sugesti setiap kamu baru bangun tidur, atau sesaat sebelum tertidur. Karena hanya pada saat itulah pikiran bawah sadarmu terbuka dan akan lebih mudah untuk diberikan sugesti.
Sekian artikel ini saya buat semoga bermanfaat untuk kita semua, dan jangan lupa share ke teman2 anda yang juga berniat untuk berhenti merokok.


Bagikan

Jangan lewatkan

10 Cara Jitu Hentikan Kebiasaan Merokok
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Terima kasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar anda