Tuesday 15 September 2015

STOP Merokok..!! Ini Manfaat Berhenti Merokok Dan Akibat Dari Merokok

Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin. Nahh sobat mango bet tentunya sudah familiar bukan dengan kalimat diatas,? Apalagi yang doyan ngerokok. Hhee  ya itu terdapat dalam setiap kemasan rokok.

Namun yang anehnya, kenapa ya padahal sudah di beritahukan dampak dari merokok itu sangat berbahaya tetapi masih saja banyak yang merokok dan sekarang pun sudah di pasangi gambar akibat dari merokok namun yang Mang Obet lihat malah semakin banyak yan menjadi perokok aktif dan yang mengejutkannya lagi anak-anak kecil pun banyak yang sudah kecandua merokok.

MEROKOK bukanlah pilihan bijaksana bagi orang-orang yang ingin panjang umur dan berbahagia. Kemungkinan seorang perokok jangka panjang direnggut kehidupannya oleh tembakau adalah 1 banding 2. Direktur jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, ”Rokok adalah . . . produk yang dirancang dengan cerdik untuk menyalurkan nikotin dalam kadar yang cukup sehingga penggunanya senantiasa kecanduan seumur hidup sebelum tewas olehnya.”

Tuhh ngeri bukan masa kita akan dibunuh oleh rokok yang kita hisap sendiri.. hhohoho

Tidak hanya berbahaya bagi perokok itu sendiri atau perokok aktif. Rokok juga berbahaya bagi orang lain. Dulu, seorang perokok bisa seenaknya menyalakan rokok tanpa ada yang berkeberatan. Tetapi, sikap orang-orang mulai berubah karena semakin banyak orang memahami bahayanya mengisap asap rokok orang lain. Misalnya, menikahi seorang perokok meningkatkan risiko terkena kanker paru sebesar 30 persen daripada menikahi orang yang tidak merokok. Anak-anak yang orang-tuanya merokok lebih besar kemungkinan terkena pneumonia atau bronkitis sebelum mereka melewati usia dua tahun daripada anak-anak yang rumahnya bebas asap rokok.

Wanita hamil yang merokok membahayakan bayi dalam kandungan mereka. Nikotin, karbon monoksida, dan bahan kimia lain yang berbahaya dalam asap rokok memasuki aliran darah ibu dan menyalurkannya langsung kepada anak di rahimnya. Konsekuensinya antara lain: lebih besar kemungkinan keguguran secara spontan, melahirkan bayi yang sudah mati, dan kematian bayi yang baru lahir. Selain itu, risiko sindroma kematian bayi mendadak tiga kali lipat bagi bayi-bayi yang ibunya merokok selama kehamilan.

Yahhh Mang Obet saran kan sebaiknya budayakanlah hidup sehat dari sekarang, sedikit demi sedikit kurangi menghisap rokok, karena seperti yang telah disebutkan diatas, merokok bukan hanya membahayakan diri sendiri,namun berhaya juga bagi orang lain.

Sesungguhnya tidak akan rugi jiga anda berhenti merokok. Apa manfaatnya bila Anda berhenti? Dua puluh menit setelah Anda berhenti merokok, tekanan darah Anda turun hingga normal. Seminggu kemudian, tubuh Anda bebas dari nikotin. Sebulan kemudian, berkuranglah batuk, hidung tersumbat, rasa lelah, dan napas terengah-engah. Setelah lima tahun, risiko Anda meninggal karena kanker paru pun merosot hingga 50 persen. Setelah 15 tahun, risiko Anda terkena penyakit jantung koroner merosot hingga setara dengan risiko orang yang sama sekali belum pernah merokok.

Makanan yang Anda santap terasa lebih nikmat. Napas, tubuh, dan pakaian Anda tidak akan berbau tak sedap. Anda tidak perlu lagi repot membeli tembakau. Anda merasakan kepuasan. Jika Anda punya anak-anak, teladan Anda akan mengurangi kemungkinan mereka menjadi calon perokok. Kemungkinan besar, Anda akan hidup lebih lama. Selain itu, Anda bertindak selaras dengan kehendak Allah, karena Alkitab mengatakan, ”Biarlah kita membersihkan diri dari setiap pencemaran daging.” Jangan merasa sudah terlambat untuk berhenti; semakin cepat Anda berhenti, semakin baik.

Semoga Sobat Mang Obet semua dapat berfikir dengan bijak tentang apa itu merokok dan apa manfaat juga akibat yang akan di timbulkan nya. Terima Kasih ;)



Bagikan

Jangan lewatkan

STOP Merokok..!! Ini Manfaat Berhenti Merokok Dan Akibat Dari Merokok
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Terima kasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar anda